Minggu, 27 April 2014

Jalan-Jalan ke Taman Rekreasi Selecta - Batu

 
Jalan-Jalan ke Taman Rekreasi Selecta - Batu - Menjalani rutinitas kuliah sebagai mahasiswi Planologi ada suka dan dukanya. Sukanya adalah bisa lebih sering jalan-jalan ke tempat baru untuk keperluan survey, tapi sebagai gantinya tugas yang menumpuk akan menanti setelah selesai jalan-jalannya. Oleh karena itu memanfaatkan setiap waktu luang yang ada sangat penting untuk menyegarkan pikiran. Kali pertama pergi berwisata ke taman rekreasi Selecta itu adalah saat dimana kebetulan ada waktu kosong setelah mengumpulkan laporan ratusan halaman, jadi kesempatan tersebut digunakan sebaik-baiknya untuk refreshing ke salah satu tempat wisata terkenal di Batu dekat Malang itu. Sebelumnya pernah diceritakan tentang pengalaman berkemah di Coban Rais dan juga tentang jalan-jalan ke Bukit Bintang - Batu, kali ini giliran pengalaman ke Selecta yang diceritakan.

Saat ini Kota Malang sudah tidak sesejuk dulu lagi, oleh karena itu sangat tepat untuk pergi refreshing di Batu yang selalu sejuk. Setiap tempat yang ada di Batu sangat cocok untuk dijadikan tempat menghirup udara segar sambil menyegarkan pikiran. Alasan memilih Selecta sebagai tempat refreshing waktu itu salah satunya adalah karena letaknya yang tidak jauh dari Kota Malang. Selain karena jaraknya yang dekat, taman rekreasi Selecta memiliki pesona keindahan alam yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Itulah sebabnya taman rekreasi Selecta menjadi tempat wisata favorit bagi muda-mudi maupun keluarga.

Jalan-jalan ke Selecta sebenarnya mendadak pada waktu itu, sama sekali tidak direncanakan sebelumnya. Namun karena ada waktu luang, tiba-tiba saja kepikiran untuk langsung berangkat ke Selecta. Hanya dengan bermodal uang secukupnya, sepeda motor dengan bensin yang penuh, kamera prosumer dan jaket jeans kesayangan akhirnya berangkat juga berdua kesana. Perjalanannya cukup singkat karena saat itu tidak ada kemacetan di jalur Malang - Batu. Cukup was-was juga sih karena langitnya mendung waktu itu, tapi untungnya dari saat menuju kesana hingga pulangnya tidak sampai turun hujan.
Mengeksplorasi taman 1000 bunga di Selecta
Setibanya di pintu masuk taman rekreasi Selecta, berhenti dulu sebentar untuk membayar karcis masuk. Setelah itu baru lanjut jalan dan mencari tempat parkir. Hal pertama yang menarik perhatian saat memasuki tempat wisata ini adalah adanya aquarium raksasa dimana banyak terdapat berbagai jenis ikan yang cantik-cantik di dalamnya. Di dekat aquarium itu ada sebuah patung dan juga kolam ikan air tawar. Ada jembatan kecil bertuliskan "SELECTA" yang terbentang di atas kolam ikan tersebut.

Jembatan kecil bertuliskan "SELECTA" di atas kolam ikan
Dari jembatan kecil itu kita bisa memilih untuk berjalan ke arah atas atau bawah. Ke atas ada patung-patung hewan langka dan juga patung tulang dinosaurus, ayunan dan bisa berjalan-jalan menyusuri bukit dan hutan yang rimbun, dimana dari atas tempat ini kita bisa melihat seluruh yang ada di taman rekreasi Selecta. Sedangkan jika berjalan ke bawah, kita ketemu kolam renang, water park dan juga warung makan dengan menu yang bervariasi. Tidak jauh dari water park ada taman 1000 bunga yang merupakan taman bunga yang cukup luas dimana ada berbagai jenis bunga yang tumbuh didalamnya. Taman 1000 bunga Selecta ini dapat dikatakan sebagai daya tarik utama dari tempat wisata di Batu tersebut. Jadi jika ke Selecta tapi tidak berjalan-jalan sampai ke taman 1000 bunga, bisa dikatakan anda belum pernah ke Selecta. Jika sedikit naik bukit ke atas, terdapat sarana flying fox yang terbentang di atas taman 1000 bunga. Jadi bagi yang ingin merasakan melayang di atas taman penuh bunga, jangan sampai tidak naik flying fox-nya. Masih banyak lagi yang bisa saya ceritakan tentang taman rekreasi Selecta di Batu selain yang sudah disebutkan diatas, tapi biar lebih jelasnya bisa dibaca di bawah mengenai info taman rekreasi Selecta yang lebih lengkap.

Memang benar Selecta dapat menjadi tempat refreshing terbaik bagi para pelajar di Malang setelah sibuk dengan rutinitas sekolah atau kuliahnya. Menghirup udara yang segar dan juga memandangi hamparan taman bunga yang memanjakan mata bisa membuat kita melupakan untuk sejenak semua kesibukan kita. Itu juga menjadi alasan saya sering menyarankan atau mengajak teman maupun keluarga yang baru pertama kali berkunjung ke Malang untuk pergi berekreasi di Selecta. Terakhir ke sana pada akhir bulan April 2014 bersama-sama dengan total rombongan 7 orang.

Di tempat wisata Selecta banyak terdapat patung-patung hewan langka. Salah satu contohnya adalah tulang dinosaurus ini yang cocok dijadikan latar saat foto bersama.
Foto bareng kerabat di depan tulang dino
Informasi Mengenai Taman Rekreasi Selecta
Sekedar informasi untuk anda yang mungkin berencana untuk ke taman rekreasi Selecta suatu hari nanti, tempat wisata ini berada di Desa Tulungrejo Kota Batu dekat Malang, kurang lebih 30 - 45 menit perjalanan ke arah barat. Jika datang dari Surabaya, waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam perjalanan. Selecta yang terletak pada ketinggian 1150 m dpl ini membuatnya sangat sejuk saat siang hari. Untuk dapat mencapai tempat wisata ini dapat mengikuti papan penunjuk jalan yang ada di Kota Batu. Arah menuju Selecta dapat ditemukan dengan mudah diberbagai titik-titik tertentu di jalan. Luas Selecta kurang lebih 18 hektar.

Untuk dapat masuk ke taman rekreasi Selecta, setidaknya membutuhkan Rp. 20.000/orang (tarif bulan April 2014). Di dalamnya kita bisa menikmati berbagai wahana maupun spot-spot menarik yang ada baik itu berbayar maupun gratis seperti : 
  • Taman 1000 bunga;
  • Kolam renang;
  • Water Park;
  • Kolam ikan air tawar;
  • Perahu Columbus;
  • Flying Fox;
  • Menunggangi kuda;
  • Goa Singa (Lion Tunnel);
  • Sepeda air;
  • Out bound;
  • Aquarium raksasa;
  • Ayunan;
  • Kuliner; 
  • dsb
Taman 1000 Bunga
Tempat lainnya di Selecta

Selain itu di tempat wisata ini kita bisa berjalan keliling melalui jalan setapak yang melewati hutan lebat maupun melihat pemandangan sawah dari ketinggian. Jika ke Selecta untuk mencari spot foto yang bagus, akan sangat banyak tempat yang cocok baik itu untuk foto landscape maupun portrait.

Di kawasan Selecta juga terdapat hotel melati 3 dengan fasilitas yang ada layaknya hotel berbintang. 3 restoran yang ada di dalam areal Selecta diantaranya Restoran Bahagia, Restoran Asri dan Restoran Cantik serta sebuah cafe di dekat kolam renang yaitu Cafe Dahlia. Di tempat tersebut kita dapat menikmati sajian masakan dan minuman yang lezat dan dapat menghilangkan rasa lapar setelah puas bermain-main di Selecta. Selain itu, di Selecta juga terdapat kebun apel dan sayuran yang juga dimiliki oleh PT Selecta dan bekerja sama dengan masyarakat setempat.

Itulah sedikit tulisan mengenai jalan-jalan ke taman rekreasi Selecta salah satu tempat wisata terbaik di Batu yang dekat dengan kota Malang dan juga sedikit review mengenai objek wisata di Batu itu bagi anda. Tulisan ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan juga tambahan data-data tertentu yang diperoleh melalui pencarian di Google. Walaupun begitu, saya sangat berharap agar tulisan di blog RALEOPAQ ini bisa menjadi salah satu sumber informasi bagi anda yang sedang berencana liburan ke Batu atau Malang dan ingin berekreasi di tempat-tempat wisata tertentu disekitarnya, dimana wisata taman rekreasi Selecta ini menjadi salah satu tempat wisata di daerah itu yang saya rekomendasikan.

comments